• Jelajahi

    Copyright © Citra Nusa Online

    Iklan

    Iklan

    Ada Anggaran Siluman Rp 60 M di APBD NTT 2019

    PT Mitratin Group
    Wednesday, June 12, 2019, June 12, 2019 WIB Last Updated 2019-06-12T06:03:25Z




    Kupang, citranusaonline.com - Fraksi Partai Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) NTT mengungkapkan adanya pergeseran anggaran siluman dengan nilai lebih dari Rp 60 milyar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) NTT tahun anggaran 2019.

    Hal itu diungkapkan dalam Fraksi Partai dalam Pemandangan Umumnya terhadap Nota Pengantar Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD NTT Tahun Anggaran 2018, Selasa (11/6/2019).

    "Fraksi Partai Demokrat secara khusus menyoroti apa yang kami sebutkan sebagai 'Pergeseran Siluman' terhadap APBD 2019. Fraksi Partai Demokrat meminta penjelasan Gubernur terhadap pergeseran anggaran sebesar Rp 60 milyar lebih," ujar Reni Marlina Un saat membacakan Pemandangan Umum Fraksi Partai Demokrat.

    Menurut Fraksi Demokrat, ada sejumlah item program dan proyek pembangunan dalam APBD 2019 yang tidak melalui pembahasan bersama DPRD NTT. "Bahkan kabarnya sudah melalui proses tender dan sedang dikerjakan," Reni sebagai juru bicara Faksi Partai Demokrat.

    Fraksi Partai Demokrat DPRD NTT mengungkapkan, pergeseran anggaran siluman tersebut antara lain terjadi pada :

    Pertama, berkurangnya anggaran sekitar Rp 28 milyar pada alokasi anngaran untuk segmen jalan provinsi di selatan Sumba Timur. Padahal dalam rapat Badan Angaran telah disepakati alokasi anggaran sekitar Rp 74 milyar. Namun dalam Perda APBD 2019, berkurang menjadi Rp 46 milyar.

    Kedua, bertambahnya anggaran lebih dari Rp 30 milyar pada segmen jalan Bokong - Lelogama, Kabupaten Kupang. "Hal yang berbeda justru terjadi pada segmen jalan Bokong - Lelogama - Kabupaten Kupang, yang disepakati sebesar Rp 155 milyar lebih. Lalu berubah atau meningkat menjadi lebih dari Rp 185 milyar," kata Reni.

    Ketiga, ungkap Fraksi Demokrat, saat ini muncul lagi alokasi anggaran untuk jalan di poros tengah Pulau Semau - Kabupaten Kupang dengan alokasi anggaran lebih dari Rp 10 milyar yang sudah mulai dikerjakan.



    Menurut Fraksi Partai Demokrat, pergeseran anggaran tersebut tidak pernah dibahas di DPRD NTT. "Termasuk peningkatan status jalan di Semau yang diinformasikan telah menjadi jalan provinsi," ujar Reni saat membaca pemamdangan umum fraksinya. (cn/ian)
    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Terkini